Antigua dan Barbuda (Antigua dan Barbuda) || Ibu kota: St. John's

Antigua dan Barbuda adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia bagian timur. Lebih dari 50% PDB negara yang menjadi bagian dari Kepulauan Antilles Kecil ini berasal dari sektor pariwisata.

Antigua dan Barbuda (Antigua dan Barbuda) || Ibu kota: St. John's
Bendera Negara Antigua dan Barbuda

Profil Negara Antigua dan Barbuda
Profil Negara Antigua dan Barbuda
Lambang Negara Antigua dan Barbuda

Nama resmiAntigua dan Barbuda, Antigua and Barbuda (Inggris)
Ibu KotaSaint John's
Bahasa resmiInggris
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RatuElizabeth II
Perdana MenteriGaston Browne
Mata uangDolar Karibia Timur (EC$) (XCD)
Internet.ag
Kode telepon+1-268

Pembentukan
Asosiasi dengan Britania Raya27 Februari 1967
Merdeka dari Britania Raya1 November 1981

Latar belang
Negara Antigua dan Barbuda memiliki populasi sekitar 100,963 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 440 km2. Antigua merupakan kota terbesar di negeri yang terdiri atas sejumlah pulau ini.Di sebelah selatan negara Antigua dan Barbuda berbatasan dengan Guadeloupe, di barat daya berbatasan dengan Montserrat, sedangkan Saint Kitts dan Nevis di barat, dan di barat laut berbatasan dengan Saint Barthélemy.

Bangsa pertama yang menghuni pulau Antigua dan Barbuda adalah bangsa Indian pra-keramik pada 2400 SM. Di ikuti oleh suku Indian Arawak dab Karib mendiami pulau itu. Sebelum Christopher Columbus mendarat pada 1493 dan memberi nama pulau itu Antigua, penduduk setempat menamai pulau itu dengan nama Wadadli. Sebelum Inggris yang membentuk koloni pada 1667, Bangsa Spanyol dan Perancis telah terlebih dahulu menguasainya. Perbudakan disektor perkebunan gula di Antigua menjadi sejarah kelam bagi penduduk asli negara tersebut sebelum akhirnya dihapuskan pada tahun 1834.

Wisata
Nelson's Dockyard, Shirley Heights, dan Redonda merupakan sebagian lokasi wisata alam yang terdapat dinegara Antigua dan Barbuda.