Kazakhstan (Republik Kazakhstan) || Ibu kota: Astana

Kazakhstan atau Republik Kazakhstan adalah sebuah negara Eurasia Antarbenua dimana sebagian besar wilayah berada dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian lainnya berada dalam kawasan Eropa Timur. Karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali, negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia ini sering disebut sebagai Virgin lands.

Kazakhstan (Republik Kazakhstan) || Ibu kota: Astana
Bendera Negara Kazakhstan

Profil Negara Kazakhstan
Profil Negara Kazakhstan
Lambang Negara Kazakhstan

Nama resmiRepublik Kazakhstan, Қазақстан Республикасы, Qazaqstan Respublïkası (Kazakh), Республика Казахстан, Respublika Kazakhstan (Rusia)
Ibu KotaAstana
Bahasa resmiKazakh dan Rusia
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenNursultan Nazarbayev
Perdana MenteriBakhytzhan Sagintayev
Mata uangTenge (₸) (KZT)
Internet.kz dan .қаз
Kode telepon+7-6xx dan +7-7xx

Pembentukan
Kemerdekaandari Uni Soviet
Republik Sosialis Soviet Kazakhstan5 Desember 1936
Dideklarasikan16 Desember 1991
Disempurnakan25 Desember 1991

Latar belang
Negara Kazakhstan berpopulasi sekitar 17,987,736 jiwa penduduk dengan luas total wilayah sekitar 2,724,900 km2, sebagian besar wilayahnya negaranya berbatasan langsung dengan negara Rusia, terutama di sebelah utara dan barat. Di sebelah timur, Kazakhstan berbatasan dengan Provinsi Xinjiang, RRT, dan di selatan memiliki perbatasan dengan Turkmenistan, Uzbekistan, Kirgistan, serta Laut Kaspia.

Kazakhstan mempunyai cadangan besi yang sangat besar serta beragam seperti biji besi, mangan, tungsten, timah, dan tembaga. Selain itu Emas menjadi komoditas pertambangan negara Kazakhstan yang mulai mengalami perkembangan cukup baik. Cadangan minyak serta gas alam yang cukup besar juga dimiliki negara yang memiliki 2 ladang minyak terbesar di dunia.

Wisata
Shymbulak, Medeu, serta taman nasional Altyn-Emel merupakan sebagian lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dinegara Kazakhstan.