Tanjung Verde (Republik Tanjung Verde) || Ibu kota: Praia

Tanjung Verde atau Republik Tanjung Verde atau Cape Verde adalah sebuah negara kepulauan berbentuk republik yang terletak di Samudra Atlantik Utara sekitar 570 kilometer dari pesisir barat benua Afrika. Sebelum ditemukan oleh bangsa Portugis pada abad ke-15, pulau-pulau yang kini menjadi bagian wilayah negara tersebut merupakan pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Kemudian pulau-pulau tersebut dijadikan pusat perdagangan budak-budak Afrika oleh bangsa Portugis.

Tanjung Verde (Republik Tanjung Verde) || Praia
Bendera Negara Tanjung Verde

Profil Negara Tanjung Verde
Profil Negara Tanjung Verde
Lambang Tanjung Verde

Nama resmiRepublik Tanjung Verde, República de Cabo Verde (Portugis)
Ibu KotaPraia
Bahasa resmiPortugis
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
PresidenJorge Carlos Fonseca
Perdana MenteriUlisses Correia e Silva
Mata uangEscudo Tanjung Verde ($) (CVE)
Internet.cv
Kode telepon+238

Pembentukan
Kemerdekaan dari Portugal5 Juli 1975

Latar belang
Negara Tanjung Verde memiliki populasi sekitar 539,560 jiwa penduduk dengan luas total wilayah sekitar 4,033 km2. Negara yang merupakan anggota dari wilayah ekologi Makaronesia ini bertetangga dengan negara senegal dan mauritania di sebrang timur laut.

Negara Tanjung Verde terbagi atas 2 kepulauan besar, antara lain Kepulauan Barlavento dan Kepulauan Sotavento yang terbagi menjadi 22 wilayah administratif atau munisipalitas. Negara yang mengandalkan sektor pertanian, kekayaan laut, termasuk pariwisata ini masih termasuk golongan negra miskin.

Wisata
Gunung Pico do Fogo, Pantai Praia da Chave, dan Pulau Boa Vista merupakan sebagian tempat wisata favorit dinegara Tanjung Verde.