Nepal (Republik Demokratis Federal Nepal) || Ibu kota: Kathmandu

Nepal atau Republik Demokratik Nepal adalah sebuah Negara yang terkurung daratan di Asia Selatan. Terletak di kawasan pegunungan Himalaya, satu-satunya negara di dunia yang memiliki bendera unik dengan bentuk dua buah segitiga siku-siku ini memiliki delapan dari sepuluh puncak tertinggi dunia termasuk Gunung Everest.

Nepal (Republik Demokratis Federal Nepal) || Ibu kota: Kathmandu
Bendera Negara Nepal

Profil Negara Nepal
Profil Negara Nepal
Lambang Negara Nepal

Nama resmiRepublik Federal Demokratik Nepal, सँघिय लोकतान्त्रीक गणतन्त्र नेपाल, Sanghiya Loktāntrik Ganatantra Nepāl (Nepali)
Ibu KotaKathmandu
Bahasa resmiNepali
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenBidhya Devi Bhandari
Wakil PresidenNanda Kishor Pun
Perdana MenteriK.P. Sharma Oli
Mata uangRupee Nepal (रू) (NPR)
Internet.np atau .नेपाल
Kode telepon+977

Pembentukan
Kerajaan didirikan25 September 1768
Merdeka21 Desember 1923
Menjadi republik28 Mei 2008

Latar belang
Negara Nepal berpopulasi sekitar 28,982,771 jiwa penduduk dengan luas total wilayah sekitar 147,181 km2. Negara yang tidak memiliki pantai ini berbatasan dengan Daerah Otonomi Tibet, Tiongkok di utara dan dengan negara India di barat, timur, serta selatan.

Negara Nepal dibentuk melalui Persatuan Nepal pada tahun 21 Desember 1768 dan Prithvi Narayan Shah yang menjadi raja pertama kerajaan tersebut. Negara Nepal berubah menjadi sebuah negara republik federal yang sekuler setelah kerajaan dibubarkan pada tahun 2008. Ditemukan perangkat neolitik di Lembah Kathmandu yang menunjukkan bahwa manusia sudah menghuni kawasan Himalaya sejak sekitar 11.000 tahun lalu.

Wisata
Selain Ibu kota Kathmandu, Pokhara, dan Bhaktapur merupakan sebagian kawasan atau kota yang banyak dikunjungi turis mancanegara dinegara Nepal.