Chad (Republik Chad) || Ibu kota: N'Djamena

Chad atau Republik Chad adalah salah satu negara pecahan Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa yang terletak di kawasan Afrika Tengah. Sebagai negara yang berada ditengah daratan benua Afrika, negara yang dijuluki jantung mati Afrika tidak memiliki garis pantai atau lautan. Negara yang termasuk golongan negara miskin ini telah mengalami kemajuan lebih baik sejak sekitar tahun 2000 dengan naiknya pendapatan per kapitanya yang sudah melebihi US$1.000.

Chad (Republik Chad) || Ibu kota: N'Djamena
Bendera Negara Chad

Profil Negara Chad
Profil Negara Chad
Lambang Chad

Nama resmiRepublik Chad, République du Tchad (Perancis), جمهورية تشاد, Jumhūriyat Tšād (Arab)
Ibu KotaN'Djamena
Bahasa resmiPerancis dan Arab
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenIdriss Deby
Presiden Majelis NasionalHaroun Kabadi
Mata uangFranc CFA Afrika Tengah (FCFA) (XAF)
Internet.td
Kode telepon+235

Pembentukan
Dari Perancis11 Agustus 1960

Latar belang
Negara Chad memiliki populasi sekitar 13,670,084 jiwa penduduk dengan luas total wilayah sekitar 1,284,000 km2. Di utara negara Chad berbatasan dengan Libya, di selatan dengan Republik Afrika Tengah, di barat berbatasan dengan Niger, sedangkan dengan Sudan berbatasan di timur, dan memiliki perbatasan dengan Nigeria serta Kamerun di wilayah barat daya.

Pada awal Abad Pertengahan, negara multi etnis ini menjadi jalur persilangan bagi para pedagang Muslim dengan suku-suku asli. Setelah Pertempuran Kousséri di tahun 1900 Chad menjadi bagian dari sistem kolonial Perancis. Setelah mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 11 Agustus 1960, negara yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani ini dilanda konflik berkepanjangan yang dipicu oleh beberapa hal terutama masalah agama. Mulai dari terbunuhnya Presiden Tombalbaye, serangan Libya, campur tangan AS, hingga tragedi pemberontakan yang didukung Libya Idriss Déby dan peperangan dengan negara Sudan.

Wisata
Guelta d'Archei, Danau Ounianga, dan Taman Nasional Zakouma merupakan sebagian lokasi wisata andalan negara Chad.