Myanmar (Myanmar Bersatu) || Ibu kota: Naypyidaw

Myanmar atau Republik Persatuan Myanmar adalah sebuah negara berdaulat di Asia Tenggara yang diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. Kota terbesar dinegara yang juga dikenal sebagai Birma atau Burma di dunia Barat ini adalah Kota Yangon yang juga sempat menjadi Ibukota negara Myanmar sebelum akhirnya dipindahkan ke Naypyidaw pada tanggal 7 November 2005. Meski orang nomber satu dinegara tersebut mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian, namun konflik dan kekerasan brutal dinegara tersebut belum terselesaikan terhadap kelompok Rohingya dinegara bagian Rakhine.

Myanmar (Myanmar Bersatu) || Ibu kota: Naypyidaw
Bendera Negara Myanmar

Profil Negara Myanmar
Profil Negara Myanmar
Lambang Negara Myanmar

Nama resmiRepublik Persatuan Myanmar, Pyidaunzu Thanmăda Myăma Nainngandaw (Myanmar)
Ibu KotaNaypyidaw
Bahasa resmiMyanmar
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenWin Myint
Konselor NegaraAung San Suu Kyi
Mata uangKyat (K) (MMK)
Internet.mm
Kode telepon+95

Pembentukan
Kerajaan Pagan23 Desember 849
Dinasti Toungoo16 Oktober 1510
Dinasti Konbaung29 Februari 1752
Burma Britania5 Maret 1824
Kemerdekaan dari Britania Raya4 Januari 1948

Latar belang
Negara Myanmar berpopulasi sekitar 53,582,855 jiwa penduduk dengan luas total wilayah sekitar 676,578 km2. Negara Myanmar memiliki perbatasan dengan negara India dan Bangladesh di sebelah barat, Thailand dan Laos di timur dan dengan China di sebelah utara dan timur laut.

Sempat menjadi sebuah kekaisaran terbesar dalam sejarah Asia Tenggara, peradaban di Myanmar berawal pada abad ke-9 ketika orang Bamar memasuki lembah atas Sungai Irrawaddy hingga berdirinya Kerajaan Pagan pada tahun 1050-an. Setelah masa itu, budaya dan Buddha Theravada serta bahasa burma secara perlahan menjadi dominan dinegara ini.

Wisata
Kuil Bagan, Danau Inle Lake, dan Kota Mandalay merupakan sebagian kota dan lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dinegara Myanmar.