Burundi (Republic of Burundi) || Ibu kota: Bujumbura

Burundi atau Republik Burundi adalah sebuah negara kecil yang terletak ditengah benua Afrika. Dengan Hanya memiliki pesisir danau Tanganyika sepanjang sekitar 150km tanpa memiliki lautan, dan sedikitnya sumber daya alam dinegara tersebut serta memiliki konflik berkepanjangan membuat negara Burundi termasuk negara berpenghasilan sangat rendah dan dikategorikan sebagai salah satu negara termiskin di dunia dan tercatat sebagai negara paling banyak konflik di dunia.

Burundi (Republic of Burundi) || Ibu kota: Bujumbura
Bendera Negara Burundi

Profil Negara Burundi
Profil Negara Burundi
Lambang Negara Burundi

Nama resmiRepublik Burundi, Republika y'Uburundi (Kirundi), République du Burundi (Perancis)
Ibu KotaBujumbura
Bahasa resmiKirundi dan Perancis
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenPierre Nkurunziza
Wakil PresidenGaston Sindimwo dan Joseph Butore
Mata uangFranc Burundi (FBu) (BIF)
Internet.bi
Kode telepon+257

Pembentukan
Bagian dari Ruanda-Urundi
(Wilayah Perwalian PBB)
1945
Dari Belgia1 Juli 1962
Republik1 Juli 1966

Latar belang
Negara Burundi memiliki populasi sekitar 10,524,117 jiwa penduduk dengan luas total wilayah sekitar 27,834 km2. Negara yang dibagi menjadi 17 provinsi ini berbatasan dengan negara Rwanda di utara, dengan negara Tanzania di selatan dan timur, dan Republik Demokratik Kongo serta Danau Tanganyika di wilayah barat.

Diketahui pada abad ke-16 Burundi merupakan sebuah kerajaan yang merdeka. Sempat menjadi negara jajahan Jerman sejak tahun 1903 yang kemudian diserahkan kepada negara Belgia ketika Perang Dunia II ini pada tahun 1923 menjadi Ruanda-Urundi yang merupakan bagian dari mandat Liga Bangsa-Bangsa Belgia. Pada tahun 1966 negara Burundi mendapatkan kemerdekaannya. Sejak merdeka hingga pemilu pada tahun 1993 negara yang masih dilanda perang saudara ini dikuasai serangkaian diktator militer.

Wisata
Selain Danau Tanganyika, Taman Nasional Kibira, dan Gunung Heha merupakan sebagian lokasi wisata andalan negara Burundi.