Laos (Republik Demokratis Rakyat Laos) || Ibu kota: Vientiane

Laos atau Republik Demokratik Rakyat Laos adalah negara yang terkurung di wilayah daratan Asia Tenggara. Laos berasal dari kata Lan Xang yang memiliki arti kerajaan gajah ini merupakan satu-satunya Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai atau dikelilingi oleh daratan dan terletak di bagian utara Semenanjung Indochina.

Laos (Republik Demokratis Rakyat Laos) || Ibu kota: Vientiane
Bendera Negara Laos

Profil Negara Laos
Profil Negara Laos
Lambang Negara Laos

Nama resmiRepublik Demokratik Rakyat Laos, ສາທາລະນະລັດ ປະຊາທິປະໄຕ ປະຊາຊົນລາວ, Sathalanalat Paxathipatai Paxaxon Lao (Laos)
Ibu KotaVientiane
Bahasa resmiLaos
Bentuk PemerintahanNegara satu Partai (Komunis)
PresidenBounnhang Vorachith
Wakil PresidenPhankham Viphavanh
Perdana MenteriThongloun Sisoulith
Mata uangKip (₭) (LAK)
Internet.la dan .ລາວ
Kode telepon+856

Pembentukan
Kerajaan Lan Xang1354
Kerajaan Luang Phrabang, Vientiane, dan Champasak1707
Daerah vasal Kerajaan Thonburi dan Siam1778
Pemberontakan Laos1826–1828
Indochina Perancis1893
Otonomi dari Perancis19 Juli 1949
Kemerdekaan22 Oktober 1953

Latar belang
Negara Laos memiliki populasi sekitar 6,758,353 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 237,955 km2. Salah satu dari 5 negara komunis yang ada di dunia ini berbatasan dengan negara Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di barat laut, dengan negara Vietnam di timur, Kamboja di selatan, serta Thailand di sebelah barat.

Negara kecil di kawasan Asia Tenggara setelah Singapura dan Brunei Darussalam ini berabad-abad lalu diperintah oleh sebuah kerajaan besar yang dikenal sebagai Kerajaan Sejuta Gajah, namun kerajaan tersebut meredup di bawah tekanan tetangganya yang lebih kuat. Menjelang akhir 1800-an, negara dengan kelompok etnis terbesarnya bernama Lao ini menjadi protektorat Perancis. Negara Laos merdeka pada tahun 1953, namun setelah kemerdekaan tersebut perebutan kekuasaan yang memicu perang saudara tidak terelakan. Pada tahun 1975 Pemerintahan Komunis menguasai negara tersebut hingga saat ini.

Wisata
Selain ibukota Vientiane yang memiliki beberapa situs sejarahnya seperti Candi Pha That Luang, taman nasional Phu Chi FA dan Kota Pakse yang merupakan ibukota Kerajaan Champasak yang terletak di sungai Xe Don dan sungai Mekong ini patut menjadi lokasi wisata yang diperhitungkan.