Albania (Republik Albania) || Ibu kota: Tirana

Albania atau Republik Albania atau Shqipëria dalam bahasa negaranya adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Eropa bagian tenggara. Albania atau Shqipëria memiliki arti Tanah Air Burung Elang. Hal tersebut terkait dengan Kekaisaran Bizantium yang sempat berkuasa di wilayah Balkan dan Anatolia.

Albania (Republik Albania) || Ibu kota: Tirana
Bendera Negara Albania

Profil Negara Albania
Profil Negara Albania
Lambang Negara Albania

Nama resmiRepublik Albania, Republika e Shqipërisë (Albania)
Ibu KotaTirana
Bahasa resmiAlbania
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenIlir Meta
Deputi PresidenEdi Rama
Mata uangLek (L) (ALL)
Internet.al
Kode telepon+355

Pembentukan
Kepangeranan Arbër1190
Kerajaan Albania (pertengahan)Februari 1272
Kepangeranan Albania1368
Kemerdekaan dari Kesultanan Utsmaniyah28 November 1912
Republik Albania (republik pertama)31 Januari 1925
Kerajaan Albania1 September 1928
Republik Rakyat Albania (republik kedua)11 Januari 1946
Republik Rakyat Sosialis Albania (republik ketiga)28 Desember 1976
Republik Albania (republik keempat)29 April 1991

Latar belang
Negara Albania memiliki populasi sekitar 2,876,591 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 28,748 km2, Albania berbatasan dengan negara Montenegro di sebelah utara, dan di timur laut berbatasan dengan Serbia, sedangkan di timur berbatasan dengan Republik Makedonia, dan Yunani di selatan. Laut Adriatik berada di sebelah barat Albania, sedangkan Laut Ionia berada di barat daya Albania.

Setelah terpecahnya Kekaisaran Romawi di tahun 395, Kekaisaran Bizantium berkuasa di negara yang sebagian besar penduduknya merupakan keturunan non-Slavia dan kelompok suku non-Turki yang lebih dikenal sebagai Illyria. Albania juga sempat dikuasai oleh Kalifah Usmaniyah pada rentan waktu yang tergolong lama, yaitu sekitar tahun 1385 hingga 1912. Terpengaruh hal tersebut 50% penduduk Albania memeluk agama Islam.

Wisata
Et'hem Bey Mosque dan Skanderbeg Square merupakan lokasi atau tempat bersejarah di negara Albania yang banyak dikunjungi turis. Untuk wisata alam, Danau Mata Biru atau Blue Eye menjadi lokasi wisata favorit di Albania.